Persiapan pernikahan ala chinese

News

Adat pernikahan Tionghoa sebagaimana adat pernikahan dari adat lainnya, memiliki kearifan nenek moyang yang kaya akan makna. Secara garis besar prosesi yang menyertai momen pernikahan setiap pasangan keturunan Tionghoa dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu prosesi sebelum pernikahan, prosesi pernikahan, dan prosesi setelah pernikahan. Berikut detail persiapan yang harus dilakukan calon pengantin (maupun keluarganya) untuk masing-masing prosesi.

– Prosesi Lamaran: Untuk prosesi lamaran, ada pasangan yang mengandalkan orang yang dituakan untuk menentukan waktunya, dan ada juga yang tidak terlalu memperhatikan masalah waktu ini. Peranan paling penting dalam prosesi ini dipegang oleh orang yang berlaku seperti ‘mak comblang’ yang dikirim oleh pihak laki-laki. ‘Mak Comblang’ ini akan mengirimkan pesan ke pihak keluarga perempuan bahwa putra dan putri mereka itu adalah jodoh yang tepat untuk naik ke pelaminan.
Persiapan: tempat yang layak untuk prosesi yang cukup penting ini, yaitu kediaman calon mempelai perempuan.

Hasil gambar untuk seserahan make up

– Prosesi Penentuan: Bila sinyal dari ‘mak comblang’ ditanggapi positif, maka selanjutnya kedua pihak sudah dapat menentukan kapan prosesi selanjutnya, yaitu Prosesi Sangjit boleh dilaksanakan.

– Prosesi Sangjit: Prosesi ini merupakan prosesi penting dalam upacara pernikahan setiap pasangan keturunan Tionghoa. Waktu yang tepat untuk melakukan sangjit dapat dikonsultasikan kepada orang tua yang paham masalah penanggalan. Sangjit biasanya diadakan antara 1 bulan sampai 1 minggu sebelum acara resepsi pernikahan dan berlangsung siang hari antara jam 10.00 sampai dengan 13.00 WIB dilanjutkan dengan makan siang.

Hasil gambar untuk seserahan make up

– Prosesi Tunangan : Prosesi ini merupakan acara pengenalan masing-masing anggota keluarga kedua pihak agar terjalin kekerabatan yang lebih erat antara keluarga pria maupun keluarga wanita. Setelah acara perkenalan kemudian dilanjutkan lagi dengan acara makan-makan bersama.
Persiapan: Tempat tunangan yang dapat menampung semua anggota keluarga dari kedua belah pihak serta hidangan yang layak. Dipersiapkan seperti layaknya sebuah pesta pertunangan lainnya.

pelajari lebih lanjut tentang harga tempat parcel pernikahan disini

Hasil gambar untuk seserahan make up

– Prosesi Penentuan Waktu yang Baik: Adat Tionghoa sangat memegang teguh pentingnya penanggalan yang tepat untuk setiap momen yang sakral. Harus dipilih jam, hari dan bulan yang baik. Biasanya semuanya serba muda yaitu : jam sebelum matahari tegak lurus; hari tergantung perhitungan bulan Tionghoa, dan bulan yang baik adalah bulan naik / menjelang purnama. Masalah ini juga harus didiskusikan dengan keluarga dari kedua pihak. Selain menentukan penanggalan yang tepat untuk hari pernikahan, juga ditentukan hari yang baik untuk upcara
Persiapan: Menghubungi orang yang sangat memahami penanggalan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *